Senin, 20 April 2015

Kesenangan duniawi


Ada banyak sekali kesenangan duniawi yang Allah turunkan di dunia ini. kita sendiri bisa menyebutkan satu persatu. Di dalam Al Qur'an sendiri Allah telah sebutkan terlebih dahulu, jika kita membacanya tentu saja kita dapat mengetahuinya. nah apa saja kesenagan duniawi yang tertulis di dalam kitab Al-Qur'an ?

Berikut ini ayat-ayat yang menuliskan tentang kesenanga duniawi :

Surah Al Qasas 60-61 :

60. Dan apa saja (kekayaan, jabatan, keturunan, dsb.) yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kesenangan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu mengerti?

61. Maka apakah sama orang yang Kami janjikan kepadanya suatu janji yang baik (surga) lalu dia memperolehnya, dengan orang yang Kami berikan kepadanya kesenangan hidup duniawi [613], kemudian pada hari Kiamat dia termasuk orang yang diseret (ke dalam neraka)?

Asbabun nuzul ayat 61 :

Dari Mujahid bahwa ayat ini turun sebagai penjelasan perihal perbedaan Nabi dan Abu Jahl bin Hisyam (HR. Ibnu Jarir)

613 : orang yang diberi kenikmatan duniawi, tetapi tidak dipergunakan untuk mencari kebahagiaan hidup di akhirat, karena itu dia di akhirat diseret ke dalam neraka.

surah Asy Syura ayat 36

36. Apa pun (kenikmatan) yang diberikan kepadamu, maka itu adalah kesenangan hidup di dunia. Sedangkan apa (kenikmatan) yang ada di sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakkal,


surah Az zukhruf 31-35

31. Dan mereka juga berkata, "Mengapa Al Quran ini tidak diturunkan kepada orang besar (kaya dan berpengaruh) dari salah satu (di antara) dua negeri ini (Mekah dan Thaif)?"

32. Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kamilah yang menentukan penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat memanfaatkan sebagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.

asbabun nuzul ayat 31-32 :

Dari Qatadah bahwa Al Wahid bin al mughirah berkata, " sekiranya apa yang dikatakan Muhammad itu benar (bahwa Al Qur'an ini dari Allah) pasti Al-Qur'an ini diturunkan kepadaku atau kepada mas'ud ats Tsaqafi". Maka turunlah ayat ini yang menegaskan bahwa Allah yang berhak mengutus NabiNya sesuai kekuasaannNya. (HR. Ibnu Al Munandzir)

33. Dan sekiranya bukan karena menghindarkan manusia menjadi umat yang satu (dalam kekafiran), pastilah sudah Kami buatkan bagi orang-orang yang kafir kepada (Allah) Yang Maha Pengasih loteng-loteng rumah mereka dari perak, demikian pula tangga-tangga (perak) yang mereka naiki,

34. Dan (Kami buatkan pula) pintu-pintu (perak) bagi rumah-rumah mereka dan (begitu pula) dipan-dipan tempat mereka bersandar,

35. Dan (Kami buatkan pula) perhiasan-perhiasan dari emas. Dan semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan kehidupan dunia, sedangkan kehidupan akhirat di sisi Tuhanmu disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kesenangan duniawi

0 komentar: