Senin, 27 Oktober 2014

waktu hari kiamat

Assalamu’alaykum wr wb


waktu hari kiamat
ilustrasi

Akhirat – Kiamat pasti terjadi. Tahukah kamu kapan waktu hari kiamat itu? Di kutip dari beberapa ayat Al Qur’an yang menjelaskan tetang waktu hari kiamat bahwa waktu terjadinya itu hanyalah Allah saja yang tahu. Jangankan kita, Nabi Muhammad SAW saja tidak diberitahukan kapan terjadinya hari tersebut. berikut ini adalah ayat-ayat yang menjelaskan tentang hari kiamat itu pasti terjadi dan kapan terjadinya itu hanya Allah saja yang tahu


Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Al A’raf : 187)


Asbabun Nuzul ayat 187 : Dari Ibnu Abbas bahwa ibnu abi qusyair dan samuel bin zaid menghadap rasulullah dan bertanya, " sekiranya engkau benar-benar nabi sesuai pengakuanmu, coba terangkan kepada kami kapan waktunya kiamat, karena kami akan mengetahui kapan terjadinya". Maka Allah menurunkan ayat ini. (HR Ibnu Jarir)

Dan milik Allah (segala) yang tersembunyi di langit dan di bumi. Urusan kejadian kiamat itu, hanya seperti sekejap mata atau lebih cepat (lagi). Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. (An Nahl : 77)

Sungguh, hari kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar setiap orang dibalas sesuai dengan apa yang dia usahakan. (Taha : 15)
Maka janganlah engkau dipalingkan dari (kiamat itu) oleh orang yang tidak beriman kepadanya dan mengikuti keinginannya, yang menyebabkan engkau binasa.” (Taha : 16)

Sebenarnya (hari kiamat) itu akan datang kepada mereka secara tiba-tiba, lalu mereka menjadi panik; maka mereka tidak sanggup menolaknya dan tidak (pula) diberi penangguhan (waktu). (Al Anbiya’ 40)

Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur. (Al Hajj : 7) 

Barang siapa mengharap pertemuan dengan Allah, maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah pasti datang. Dan Dia Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Al Ankabut : 5)

Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari Kiamat; dan Dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok [653]. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Luqman : 34)

653* : Manusia tidak dapat mengetahui dengan pasti apa yang dikerjakannya besok atau yang akan diperolehnya, namun demikian mereka wajib berusaha.


Asbabun nuzul ayat 34 : Dari Mujahid bahwa seorang badui datang menghadap Rasulullah dan berkata, " Istriku sedang hamil, coba terangkan jenis kelamin apa yang akan di lahirkan, negeriku kekeringan, kapan akan turun hujan dan aku tahu kapan aku dilahirkan, tetapi terangkan kepadaku, kapan aku mati ". Maka turunlah ayat ini yang menegaskan bahwa hanya Allah yang Maha Mengetahui segala sesuatu. (HR. Ibnu Jarir)

Manusia bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari Kiamat. Katakanlah, "Ilmu tentang hari Kiamat itu hanya di sisi Allah.” Dan tahukah engkau (wahai Muhammad), boleh jadi hari Kiamat itu sudah dekat waktunya. (Al Ahzab : 63)

Dan orang-orang yang kafir berkata, "Hari Kiamat itu tidak akan datang kepada kami.” Katakanlah, "Pasti datang, demi Tuhanku yang mengetahui yang gaib, Kiamat itu pasti akan datang kepadamu. Tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya sekalipun sebesar zarrah [691] baik yang di langit dan yang di bumi, yang lebih kecil dari itu atau yang lebih besar, semuanya (tertulis) dalam kitab yang jelas (Lauh Mahfuzh),” (3)

Dan mereka berkata, "Kapankah (datangnya) janji ini, jika kamu orang yang benar?"(29)

Katakanlah, "Bagimu ada hari yang telah dijanjikan (hari Kiamat), kamu tidak dapat meminta penundaan atau percepatannya sesaat pun.”(30)

Dan orang-orang kafir berkata, "Kami tidak akan beriman kepada Al Quran ini dan tidak (pula) kepada kitab yang sebelumnya.” Dan (alangkah mengerikan) kalau kamu melihat ketika orang-orang yang zalim itu dihadapkan kepada Tuhannya, sebagian mereka mengembalikan perkataan kepada sebagian yang lain; orang-orang yang dianggap lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri, "Kalau tidaklah karena kamu tentulah kami menjadi orang-orang mukmin.” (31)

Orang-orang yang menyombongkan diri berkata kepada orang-orang yang dianggap lemah, "Kamikah yang telah menghalangimu untuk memperoleh petunjuk setelah petunjuk itu datang kepadamu? (Tidak!) Sebenarnya kamu sendirilah orang-orang yang berbuat dosa.” (32)

Dan orang-orang yang dianggap lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri, "(Tidak!) Sebenarnya tipu daya (mu) pada waktu malam dan siang (yang menghalangi kami), ketika kamu menyeru kami agar kami kafir kepada Allah dan menjadikan sekutu-sekutu bagi-Nya.” Mereka menyatakan penyesalan ketika mereka melihat azab. Dan Kami pasangkan belenggu di leher orang-orang yang kafir. Mereka tidak dibalas melainkan sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. (33)

691* : Zarrah adalah jenis yang terkecil dari semut? Orang arab menggunakan sesuatu yang paling kecil dengan sebutan Zarrah


(Saba’ : 3, 29-33)

 Dan mereka (orang-orang kafir) berkata, "Kapan janji (hari berbangkit) itu (terjadi) jika kamu orang-orang yang benar?" (48)

Mereka hanya menunggu satu teriakan [723], yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar. (49)

Sehingga mereka tidak mampu membuat suatu wasiat dan mereka (juga) tidak dapat kembali kepada keluarganya. (50)

Lalu ditiuplah sangkalala [724], maka seketika itu mereka keluar dari kuburnya (dalam keadaan hidup) menuju (dengan segera) kepada Tuhannya. (51)

Mereka berkata, "Celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" Inilah yang dijanjikan (Allah) Yang Maha Pengasih dan benarlah rasul- rasul (-Nya). (52)

Teriakan itu hanya dengan sekali teriakan saja, maka seketika itu mereka semua dihadapkan kepada kami (untuk dihisab). (53)

Maka pada hari itu seorang tidak akan dirugikan sedikit pun dan kamu tidak akan diberi balasan, kecuali sesuai dengan apa yang telah kamu kerjakan. (54)

723* : Suara tiupan sangkakala yang pertama yang menghancurkan bumi
724* : Tiupan ini adalah tiupan sangkakala yang kedua yang membangkitkan orang-orang dalam kubur

(Yasin : 48-54)

Sesungguhnya hari Kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman. (Al Gafir : 59)

Allah yang menurunkan kitab (Al-Qur'an) dengan (membawa) kebenaran dan neraca (keadilan). dan tahukah kamu, boleh jadi hari kiamat itu sudah dekat? (Asy Syura : 17)

Dan Mahatinggi Allah yang memiliki kerajaan langit dan bumi, dan apa yang ada di antara keduanya; dan di sisi-Nyalah ilmu tentang hari Kiamat dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan. (Az Zukhruf : 85)

Dia (Hud) berkata, "Sesungguhnya ilmu (tentang itu) hanya pada Allah dan aku (hanya) menyampaikan kepadamu apa yang diwahyukan kepadaku, tetapi aku melihat kamu adalah kaum yang berlaku bodoh.” (Al Ahqaf : 23)

Yang dekat (hari Kiamat) telah makin mendekat. (57)
Tidak ada yang akan mengungkapkan (terjadinya hari itu) selain Allah. (58)
Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? (59)
Dan kamu tertawakan dan tidak menangis? (60)

(An Najm 57-60)

Dan mereka berkata, "Kapan (datangnya) ancaman itu jika kamu orang yang benar?" (25)

Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya ilmu (tentang hari kiamat itu) hanya ada pada Allah. Dan aku hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan.” (26)

Maka ketika mereka melihat azab (pada hari kiamat) sudah dekat, wajah orang-orang kafir itu menjadi muram. Dan dikatakan (kepada mereka), “Inilah (azab) yang dahulu kamu memintanya.” (27)

(Al Mulk : 25-27)

Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup[860], (13)

dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali benturan. (14)

Maka pada hari itu terjadilah hari Kiamat, (15)

dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi rapuh.(16)

Dan para malaikat berada di berbagai penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung 'Arsy (singgasana) Tuhanmu di atas (kepala) mereka. (17)

Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tidak ada sesuatu pun dari kamu yang tersembunyi (bagi Allah). (18)

860* : Tiupan pertama yang pada waktu itu seluruh alam menjadi hancur

(Al Haqqah : 13-18)


Dia bertanya: “kapankah hari kiamat itu?” (6)
Maka apabila mata terbelalak (ketakutan),
(7)
dan bulan pun telah hilang cahayanya,
(8)
lalu matahari dan bulan dikumpulkan, 
(9)
pada hari itu manusia berkata: “Ke mana tempat lari?”
(10)
Tidak! Tidak ada tempat berlindung!
(11)
Hanya kepada Tuhanmu tempat kembali pada hari itu
(12)


(Al Qiyamah : 6-12)

Mereka (orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari Kiamat, “Kapankah terjadinya?(42)

Untuk apa engkau perlu menyebutkan (waktunya)? (43)

Kepada Tuhanmulah dikembalikan kesudahannya (ketentuan waktunya). (44)

Engkau (Muhammad) hanyalah pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya (hari Kiamat). (45)

Pada hari ketika mereka melihat hari Kiamat itu (karena suasananya hebat), mereka merasa seakan-akan hanya (sebentar saja) tinggal (di dunia) pada waktu sore atau pagi hari. (46)

(An Nazi’at : 42-46)

Mengapa Allah merahasiakan waktu terjadinya Hari kiamat? Jawabanya ada pada surah Taha 15 di atas. Sangat jelas sekali tujuan Allah dalam hal ini. Tentunya Allah tidak akan menyia-nyiakan hamba-hambanya yang beriman walaupun mereka tidak melihat Allah (Al Mulk 12). Allah akan memberikan balasan sesuai apa yang di usahakan oleh hamba-hambanya, apabila mengusahakan kebajikan akan mendapatkan balasan syurga yang penuh kenikmatan dan apabila mengusahakan perbuatan dosa maka akan dibalas dengan siksa di neraka selama-lamanya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : waktu hari kiamat

0 komentar: