Sabtu, 25 Oktober 2014

peluang usaha di masa depan

assalamu'alaykum wr wb

Bisnis - Indonesia adalah negara yang memiliki popularitas yang besar di dunia. jika di lihat lebih detail lagi jumlah penduduk di indonesia lebih besar dari pada hasil kebutuhannya. hal ini menyebabkan banyaknya barang impor yang masuk ke indonesia. bahkan sekarang orang indonesia malah gengsi untuk menggunakan produk sendiri. inilah anehnya negeri Indonesia ini. masyarakatnya sendiri tidak percaya dengan produknya sendiri, bagaimana dengan orang luar apabila produknya di ekspor?

Indonesia juga masih banyak membutuhkan para pengusaha yang dengan banyaknya pengusaha tersebut akan mengangkat perekonomian masyarakat serta perekonomian di negara indonesia. saat ini sudah mulai tumbuh para pengusaha indonesia dan banyak sekali para pengusaha tersebut mengadakan training dan menggembor-nggemborkan menjadi wirausahawan. mereka memotivasi para calon pengusaha agar bisa menjadi pengusaha yang baik, disuguhi juga pengalaman dan cara-cara menjadi pengusaha yang baik. dan dengan seperti itu para calon pengusaha menjadi termotivasi untuk mendirikan usaha. nah kemudian muncullah banyak sekali usaha-usaha yang terus berkembang.

mungkin banyak sekali para calon pengusaha yang bingung usaha apakah yang akan di bangun? kemudian keterbatasan modal serta kurangnya ilmu pemasaran produk. hal - hal inilah yang membuat para calon pengusaha selalu mengundur-undurkan niat untuk membuat usaha, karena tidak tahu apa yang akan di usahakan. nah oleh sebab itu saya kali ini akan membagikan usaha apakah yang akan terus berkembang sampai masa depan menurut yang saya amati di indonesia.

1. usaha pertanian

usaha dalam bidang pertanian ini tidak akan pernah ada matinya! saya mengatakan demikian saya rasa anda tahu apa maksud saya ? ya ! pertanian memiliki pasar yang sangat tinggi serta konsumsi pasar yang sangat tinggi juga. kita semua butuh pertanian, di dalam pertanian ada banyak sekali pembagian-pembagian usahanya, berikut ringkasannya :

a. Bisnis Padi (beras)
Padi adalah makanan pokok kita sebagai orang indonesia. kita semua pastinya sangat membutuhkan makanan ini. padi di olah menjadi beras kemudian bisa di pasarkan di toko-toko atau di pasar. peluang usaha padi ini sangat besar sekali namun harus di jiwai dengan ketekunan dan kerajinan dalam merintis usaha ini. jika hendak berbinis padi ini sebaiknya bekerja sama dengan ahli bioteknologi. karena sekarang zamannya sudah canggih. dengan hanya sedikit waktu padi bisa lebih cepat di panen. kemudian harus memiliki lahan yang luas serta pengairan yang memadai. kombinasi antara ahli biologi (pertanian) + kerajinan + tempat yang pas akan menghasilkan hasil yang luar biasa bagi pengusaha padi ini, bahkan bila usahanya sudah berkembang bisa membuat perusahaan pengolahan padi sendiri, membeli alat pengolah padi yang lebih besar. tingkat pemasaran bisnis padi ini tidak hanya di indonesia saja, masih banyak juga yang membutuhkan beras seperti negara-negara tentangga kita, jadi masih ada peluang untuk mengeskpor ke luar negeri.

b. Sayuran
sayuran adalah perasa makanan serta pelengkap bagi makanan. tidak mungkin kan bila kita makan hanya dengan nasi saja? tentunya kita membutuhkan sayur mayur sebagai pelengkap rasa. bisnis sayuran ini juga tidak ada matinya hingga sampai kemasa depan. bahkan bisnis sayuran ini sangat menjanjikan sekali. sayuran selain untuk di masak sebagai lauk nasi bisa juga di jadikan makanan ringan, sudah banyak sekali makanan ringan yang beredar di pasaran sekarang ini. kita perlu melihat pasar agar usaha berjalan dengan baik. cari tahu apa yang dibutuhkan pasar. prinsip saya dalam bisnis sayuran adalah dengan bekerja sama. seperti yang di atas, bekerja sama dengan yang ahlinya yaitu ahli pertanian. bisnis ini juga membutuhkan lahan yang lumayan luas juga agar usahanya bisa terlihat. usaha pertanian juga membutuhkan jiwa yang tekun, sabar dan rajin. kombinasi dari sifat-sifat tersebut akan menghasilkan suatu usaha yang baik, insya Allah akan segera terlihat hasilnya. sayuran ini sangat banyak macamnya, misalnya bahan-bahan perasa atau bumbu masakan (cabe, lada, berambang, kunyit, dan lain sebagainya.) kemudian bahan sayuran (terong, ubi, bayam, kacang, dll). pemasaran sayuran juga tidak sulit. bisa di jual ke pasar atau jual tolak ke orang lain. nah jika usahanya sudah luas dan besar maka ada baiknya anda membeli penyimpanan sayuran tersebut agar tahan lama misalnya kulkas yang besar. atau jika memang sangat besar, sayuran juga bisa di ekspor antar wilayah indonesia jika masih ada yang kekurangan. untuk bagian mengeksporan ini mungkin diperlukan bahan pengawet agar sayuran tetap segar, hal ini sangatlah mudah. yang perlu di lakukan adalah mencari karyawan yang ahli di bidang fisika atau kimia. salah satu pengwet yang aman adalah zat radioaktif yang sering saya lihat dan banyak gunakan dalam perusahaan dalam pengemasan barang.

satu lagi dalam bisnis sayuran ini yaitu bekerja sama dengan para pengusaha keripik. mintalah sayur apa yang mereka hendak olah jadi keripik kemudian tanam sendiri. ini adalah salah satu pemasaran yang efektif karena tidak perlu lagi memikirkan pemasarannya harus di mana. mencari pengusaha keripik tidak perlu khawatir, karena sangat banyak sekali pengusaha pengusaha keripik yang bermunculan saat ini.

kemudian bagi yang menanam cabe atau bumbu makanan lainnya juga ada peluang untuk anda. yaitu bekerja sama dengan pengusaha lainnya misalnya pengusaha makanan /  sambal, bumbu tabur, rumah makan, bumbu dapur, bumbu giling, penjual di pasar, pengusaha keripik pun sangat membutuhkan juga. apalagi saat ini keripik memiliki aneka rasa, ada yang manis ada yang pedas bahkan super pedas pun ada.

c. buah-buahan
bisnis yang satu ini juga tidak ketinggalan. buah-buahan juga banyak dibutuhkan. bahkan buah-buahan ini banyak sekali pengolahannya. ada yang dijadikan sirup, dijadikan suplemen, dijadikan minuman bahkan ada juga yang dijadikan keipik. perinsip saya dalam berjualan ini juga sama halnya dengan yang di atas. yaitu bekerja sama. bila anda memiliki lahan yang luas dan ingin menanam berbagai macam buah-buahan, anda bisa bekerja sama dengan para pengusaha lainnya juga. misalnya para pengusaha sirup, pengusaha suplemen, pengusaha minuman (soft drink), pengusaha pengharum ruangan, para pengusaha keripik atau perusahaan yang membutuhkan rasa atau harum buah-buahan. pemasaran yang ini menurut saya juga sangat efektif, karena anda tidak pelu lagi memikirkan untuk menjual ke pasar atau ketempat lainnya. kemudian pasar yang lainya yaitu bekerja sama dengan penjual grosir bisa juga berkerja sama dengan mall. saya rasa pasar buah ini sangat banyak dan pengonsumsi buah juga tidak sedikit.

tips dari saya dalam menjalankan bisnis ini yaitu bekerja sama dengan ahli bioteknologi. saat ini sudah bayak teknologi yang digunakan dalam pertanian, misalnya teknologi mutasi. buah-buahan tanpa biji, buah-buahan yang cepat panen serta hasil yang memuaskan. mungkin usaha ini membutuhkan lahan yang cukup luas. jika anda benar-benar ingin menggeluti usaha ini anda perlu mencoba lahan yang berhektar-hektar, misalnya 1 hektar untuk menanam semangka, 1 hektar untuk menanam melon, 1 hektar untuk menanam mangga, 1 hektar untuk menanam jeruk dan lain sebagainya. jika sudah seperti ini maka pasar anda tidaklah sulit, anda bisa membuat perusahaan sendiri seperti perusahaan minuman. contohnya ale-ale, teh gelas, mounthi, nu greentea, cocodrink, dan masih banyak lainnya. kuncinya usaha pertanian ini anda harus rajin dan ulet. pantang menyerah makannya jika anda tidak memiliki ilmu tentang pertanian anda harus bekerja sama dengan ahli pertanian atau sarjana pertanian.

2. usaha pakaian
Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer kita untuk hidup. gak mungkinkan berinteraksi dengan orang lain tanpa menggunakan penutup tubuh. dalam hal ini ada dua prospek, pertama menjadi produsen kedua menjadi pemasar / grosir / penjual. di antara kedua ini dapat anda pilih salah satu atau pun kedua-duanya. hal yang paling utama yang perlu anda kuasai adalah proses pembuatan pakaian. jika anda ahli jahit menjahit, anda bisa membuat baju, celana dengan bahan yang ada saat ini. misalnya baju kemeja, celana polo dan sejenisnya. buatlah dari corak yang menarik serta unik. buat juga logo pribadi, siapa tahu usaha bisa berkembang menjadi terbaik. pemsaran usaha ini tidaklah sulit. karena pedagang pakaian juga sangat banyak. jika pakaian yang anda buat itu unik tentu saja akan banyak yang mengambil dari anda. jika usaha ini sudah berkembang anda bisa merekrut karyawan dan bisa menambah usaha mislnya pembuatan baju kaos, Tshirt / singlet, celana training, pendek dan lain-lain. nikmatilah hingga usaha anda menjadi sebuah perusahaan yang terkenal. kedua yaitu sebagai pemasar. jika anda mengambil yang kedua ini juga banyak sekali peluangnya. pertama mencari penyedia, boleh pengusaha seperti di atas agar harga lebih murah. untuk pemasaran, jika usaha kecil pemasarannya yaitu di pasar, atau sewa tempat di mall. jika memiliki modal yang lebih ada baiknya membuka toko. dengan toko tersebut akan lebih mudah untuk mengurusinya. nah besarkan lagi pemasaran dengan membuka toko online yang lagi marak-maraknya saat ini. dengan adanya toko online para pembeli akan lebih mudah untuk melihat produk serta harga. pembeli tidak perlu repot untuk memilih model dan bertanya harga di toko. cukup online dengan smartphone saja dan bila ada yang cocok mereka datang ke toko dan langsung membeli atau bertransaksi secara online.

3. usaha makanan
-minuman
-pecel lele
-rumah makan
-



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : peluang usaha di masa depan

0 komentar: