Selasa, 23 September 2014

mengapa ban motor bila lama tidak digunakan bisa kempes?

assalamu'alaykum wr wb

ban mobil yang kempes
terbuka-info.blogspot.com

Terbuka-info-Tahukah anda? mengapa angin ban motor apabila motor lama tidak digunakan bisa berkurang?

pernahkah anda mengalami hal yang demikian? dan anda bergikir bagaimana bisa terjadi? jika anda pernah mengalami hal tersebut maka anda adalah orang yang berfikir kritis. setiap segala sesuatu pasti ada sebab dan asbabnya. tanpa sebab dan asbab tak mungkin benda bisa melakukan sesuatu hal yang diluar pengetahuan manusia, kecuali kehendak-Nya. dunia ini sebenarnya sudah sangat terbuka, ilmu-ilmu sudah banyak di temukan tinggal kita saja yang ingin mempelajarinya apa tidak :)

kembali lagi ke ban motor. ban motor terbuat dari karet dan campuran zat tertentu dan diisi dengan  angin. mengapa di motor kita kok dipasang ban yang terbuat dari karet, mengapa tidak dari besi biar kuat? jawabanya kita lihat dari sifat-sifat karet itu sendiri. karet memiliki sifat yang lentur, mudah menyesuaikan wadah, dan mudah di atur, serta kuat (tergantung kompisisi zat campuran).  dari sifat-sifat tersebut kita bisa mengambil ilmunya bahwa dengan kelenturan tersebut maka akan mengurangi getaran-getaran antara ban dengan jalan. apabila jalan yang dilalui berbatu (tidak di aspal) tertunya dengan sifat mudah menyesuaikan ini juga menambah kenyamanan dari pengguna motor yaitu mengurangi getaran juga. coba anda bayangkan bagaimana jika ban motor anda menggunakan besi, dan anda mengendarainya di jalan yang berlubang-lubang? tentunya pinggang anda akan mudah terasa sakit dan anda sangat tidak nyaman bukan? kemudian ban diisi dengan angin? mengapa kok angin? mengapa tidak pasir saja? kembali lagi ke sifat angin dan sifat ban, sifat ban lentur mudah menyesuaikan dan sifat angin (udara) adalah gas. bila angin diisikan ke ban, saat ban melewati sebuah batu kecil maka ban tersebut akan lentur dan udara yang ada di dalamnya akan menyesuaikan bentuk ban tersebut. pada saat seperti ini ban akan mengembang dan mengempis menyesuaikan udara yang di kandungnya. dan tentunya dengan seperti ini kerja sama kompak antara ban dengan angin akan menciptakan kesempurnaan untuk mengurangi getaran motor. oleh karena itu ban tidak dibuat dari karet yang padat, tetapi ban harus di isi dengan angin. nah loh itu sebabnya motor atau mobil itu menggunakan ban yang terbuat dari karet dan diisi dengan angin. mungkin sekarang dengan segala kecangihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, ban tidak lagi menggunakan angin, tetapi menggunakan cairan tertentu dan didesain yang lebih banyak menguntungkan dari pada angin. :D

sekarang kita bahas masalah utama kita yaitu angin ban bisa berkurang apabila lama tidak digunakan. penjelasan tentang hal ini sebenarnya tidaklah rumit, karena dasar saya hanyalah rumus SMA yang saya dapati dan saya telaahi di setiap kejadian dalam perjalanan hidup saya. kita perlu tahu udara memiliki sebuah nilai tekanan. udara normal memiliki tekanan 1 atm (atmosfir). tekanan 1 atm ini berada di sekeliling kita. apabila kita semakin ke atas makan tekanan udara akan semakin berkurang. oleh karena itu apa bila kita ingin ke atas maka kita perlu alat bantu. lihat lah seperti astronot yang menggunakan baju khusus dan penutup kepala untuk safety-nya. besar nilai tekanan bisa kita rubah sesuai dengan yang kita inginkan. dasar dari opini saya ini adalah rumus gas ideal yaitu : PV = nRT. apakah anda tahu keterangan simbol-simbol dari rumus itu? jika tidak akan saya kasi tahu.

PV = nRT
P : tekanan (atm / pascal)
V : volume (m^3)
n : jumlah mol (mol)
R : tetapan gas (8,314)
T : suhu (K)

rumus tersebut mengatakan bahwa semakin tinggi suhu maka berbanding lurus dengan tekanannya. artinya jika suhu kita naikkan maka tekanan juga akan naik. rumus ini sudah banyak penerapannya contohnya yaitu pada mesin motor, domfeng, mobil, dll, sistem kerja mesin ini menggunakan teori dasar gas ideal ini.

dengan persamaan di atas saya menelaahinya mengenai ban motor mengapa kok bisa kempes bila lama tidak di gunakan. jawabannya seperti ini. kita perlu tahu bahwa benda yang bergesek akan menghasilkan panas. semakin sering digunakan maka akan semakin panas. coba anda lihat ban motor anda? apakah bergesekan? ya tentu, ban motor selalu begesekan dengan jalan / aspal. nah disini karena ban bergesekan dengan aspal tersebut menyebabkan ban menjadi panas. menjadi panas ini menyebabkan suhu udara di ban menjadi naik. sesuai dengan persamaan di atas yang kita ketahui tadi bahwa semakin tinggi suhu maka akan semakin tinggi tekanannnya. jadi motor yang sering kita gunakan tekanan udara didalam bannya akan bertambah disebabkan suhunya bertambah. dan apabila kita tidak lagi menggunakan dalam jangka lama maka tekanan ban akan menjadi turun. sebab suhu di ban turun. nah itulah sebabnya mengapa ban bisa berkurang anginnya bila lama tidak digunakan.

Peristiwa sederhana ini tidak saya lihat di ban motor saja. namun dulu saya juga pernah melakukan eksperimen secara tidak sengaja. yaitu pada saat saya memasak nasi yang menggunakan listrik (biasa disebut magicom). ketika air nasi itu mendidih dia mengeluarkan gas udara (uap air) yang dikeluarkan melalui lubang dari magicom tersebut. nah disinilah ulah saya. saya mengambil sebuah botol aqua yang sedang. kemudian saya buka tutup botol tersebut kemudian udara yang keluar dari megicom tersebut saya masukkan ke dalam aqua. dengan cara saya dekatkan ujung mulut botol dengan lubang magicom setelah terisi penuh gas udara (uap air) tersebut saya tutup botol aquanya. botol aqua menjadi panas, saya biarkan beberapa saat seketika itu selama dipengamatan saya botol menjadi penyek. seperti di injak. seolah-olah gas (uap / udara) yang ada di dalam botol aqua tersebut hilang / tidak ada. ini bukan karena dia meleleh namun setelah saya berfikir beberapa saat. saya teringat akan rumus diatas. jadi dari kejadian itu, semua itu bukanlah kebohongan atau hanya anggapan-anggapan saja. semua yang terjadi itu bisa dijelaskan melalui ilmu pengetahuan. keren bukan ?? :D. dan karena eksperiment ini mendorong saya semakin kuat untuk menjelaskan tentang judul kita kali ini. he he he. kalau ingin mencoba silahkan sajaa.. coba saja dirumah saat anda memasak.

sangat sederhana bukan? sebenarnnya saya ingin menjelaskan tentang cara kerja mesin diesel, namun saya kira cukuplah sampai disini dulu, lain waktu saya akan jelaskan. terimakasiii :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : mengapa ban motor bila lama tidak digunakan bisa kempes?

0 komentar: