Minggu, 28 September 2014

besaran dalam fisika lengkap

assalamu'alaykum wr wb

Terbuka-info.blogspot.com - Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, dihitung, memiliki nilai dan satuan. Besaran menyatakan sifat dari benda. Sifat ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran. Oleh karena satu besaran berbeda dengan besaran lainnya, maka ditetapkan satuan untuk tiap besaran. Satuan juga menunjukkan bahwa setiap besaran diukur dengan cara berbeda.Mengukur sebenarnya adalah kegiatan membandingkan suatu Besaran dengan Besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan. itulah sedikit penjelasan mengenai besaran yang saya ambil dari wikipedia.

Besaran dalam fisika meerupakan suatu pelajaran yang sangat mendasar. setiap kamu mempelajari materi dan bab-bab dalam fisika kamu tidak akan pernah lepas dari besaran ini. oleh karena itu kamu harus tahu dan faham tentang materi ini agar kamu nanti akan mudah melanjutkan materi yang lebih sulit. keuntungan dengan mempelajari materi ini bagi saya adalah ketika saya lupa akan rumus, namun saya tahu satuan dari rumus tersebut maka dengan mudah saya mengingat rumus itu kembali. kemudian saat saya (melakukan /) men-substitusi (menggabungkan) antara rumus satu dengan rumus lainnya bisa dibuktikan benar tidaknya rumus tersebut melalui satuannya (karena menguasai satuan). dengan seperti itu saya sangat mudah untuk memahami suatu materi fisika. dan dengan seperti itu saya mulai menyukai pelajaran fisika ini. teman-teman juga bisa dengan mudah melakukan hal yang saya lakukan yaitu dengan menguasai materi ini. cukup mudah kok. kuncinya sering mengerjakan soal latiah, itu broooo :)

besaran dalam fisika dibagi dua, yaitu :

1. Besaran pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain (wikipedia)

besaran pokok dalam fisika
terbuka-info.blogspot.com
untuk satuan SI (sistem internasional) >> m : meter (panjang) ; Kg : Kilogram (massa) ;  detik : secon (waktu : s); K : kelvin (suhu) ; Cd : candela (intensitas cahaya) ; Ampere : amper (kuat arus) ; mol : mol (jumlah zat : molekul)

2. Besaran turunan

 Besaran turunan adalah besaran yang didapat dari penggabungan besaran-besaran pokok (wikipedia).
saya ada sedikit rangkuman rumus yang berhubungan dengan besaran turunan :

besaran turunan dalam fisika
terbuka-info.blogspot.com

di atas adalah besaran - besaran berdimensi, untuk tambahan lagi ada juga besaran tak berdimensi, yaitu :

1) sudut datar (satuan : radian)
2) sudut ruang (satuan : steradian)

selanjutnya ada juga namanya besaran vektor dan besaran skalar. pada kedua besaran ini terdapat perbedaannya. perbedaanya adalah :

Besaran vektor

besaran vektor adalah besaran yang ditentukan oleh besaranya atau nilainya dan arahnya
contoh : gaya, kecepatan, percepatan dll

Besaran skalar

besaran skalar adalah besaran yang ditentukan oleh besarnya atau nilainya
contoh : panjang, masa, waktu, kelajuan dll

kemudian ada juga sifat-sifat dari vektor, berikut ringkasannya :

sifat - sifat vektor
terbuka-info.blogspot.com

naah itulah sedikit rangkuman dari besaran salam fisika. teman-teman tidak perlu menghafal, namun yang diperlukan adalah sering melakukan latihan soal. itu yang akan membuat teman-teman mahir dalam pelajaran fisika :) . {saya buat ringkasan rumus ini dalam bentuk gambar supaya teman-teman bisa mudah mendownloadnya, silahkan klik kanan dan klik simpan sebagai. . . (save as..)

semangat ya broo. . . semoga kamu bisa dengan mudah memahami materi ini. untuk latihan soalnya insya Allah akan saya buatkan linknya nanti :)

Terimakasih - 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : besaran dalam fisika lengkap

0 komentar: